TIP DAN TRIK PC

A. MENGOPTIMALKAN KINERJA PC


kinerja PC sangat di pengaruhi oleh spesifikasi hardware yang di gunakan dan mengoptimalkan pemakaian sistem opersasi . Penggunaan dann pengoptimalkan pemakaian system operasi. penggunaan PC  sering kali mengalami ketidak puasan  terhadap kinerja PC yang di beli dengan mahal , tetapi kinerja PC biasa . hal ini dapat terjadi karena sebagai berikut :


  1. pemilihan spesifikasi komputer yang salah
  2. terlalu percaya pada janji dan tawaran para vendor yang belum tentu benar dan bisa di pertanggung jawabkan oleh sih pemberi tawaran
  3. kurangnya perawatan pada PC  dan hardware
  4. tidak berani keluar badget besar untuk beli komputer dengan high perfomance yang sudah teruji kecanggihannya oleh si pembuat
  5. penggunaan system aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer yang ada dehingga komputer bekerja dengan beban yang berat
  6. penggunaan software aplikasi perfoman tinggi pada komputer dasar , misalnya komputer perfomance basic di paksa untuk bekerja dalam bidang desain grafis 3D

Beban kinerja PC harus di sesuaikan dengan perfoma yang di miliki sehingga memaksimilisasi kinerjanya dapat terasa dengan baik dan benar . sangat di sayangkan jika PC  dengan perfoma high di gunakan untuk bekerja mengetik , browsing dan mendengar music saja. padahal kemampuan PC tersebut bisa di maksimalkan hingga melakukan pekerjaan pembuatan animasi dan game 3 dimensi . ada juga yang memaksakan PC  dengan permomanvce basic untuk bekerja berat dalam bidang multimedia sehingga sering terasa berat dan sering juga terjadi hang. oleh sebab itu , pemilihan dan perawatan PC  harus di lakukan secara hati-hati dan kebih di sesuaikan dengan kebutuhan pengguNA pc  tersebut. penulis mempunyai beberapa tip yang mungkin dapat memberikan jalan keluar untuk mengoptimalkan kinerja PC  sesuai dengan kebutuhan pengguna PC  antara lain : 

  1. meningkatkan kinerja hardware PC    
proses kinerja PC  dapat dilakukan dengan mengubah setting hardware atau mengganti  beberapa hardaware yang sudah ada pada PC , yang sering di sebut dengan upgrade. berikut beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk optimalisasi jenis hardware pada PC 

  • matherboar
jika peralatan dengan performa yang tinggi ditempatkan pada matherboard yang tidak sesuai, matherboard tidak akan bisa men-support sehingga PC tidak dapat bekerja. Optimalisasi pada matherboard dapat di lakukan dengan cara berikut.
  1. overclock adalah mengubah setting manual  FSB atau multipler untuk mendapatkan clock yang lebih tinggi dari standar yang dimiliki matherboard sehingga dapat memaksa kinerja prosessor untuk bekerja lebih cepat. pada matherboar jenis yang lama dapat perubahan ini di lakukan dengan mengubah setting jumper yang ada. untuk jenis baru,fasilitas ini sudah dapat untuk di overclock.jika tidak di lakukan dengan tepat hal tersebut akan melakukan kesalahan yang fatal , komputer akan mati total tetapi dapat di kembalikan dengan clear BIOS atau mencabut dan memasang beterai yang ada di matherboard agar kembali pada setting standar. system overclock ini juga dapat di lakukan dengan menggunakan program aplikasi tambahan seperti clockGen 1.0.5.3 yang dapat mengubah setting FSB pada processor , memori serta meningkatkan bandwicth jalur PCI . program ini juga sudah banyak mendukung beberapa jenis matherboard yang terbaru.
  2. upgrade versi setup  BIOS yaitu  mengganti setup BIOS dengan versi terbaru dapat juga meningkatkan kinerja matherboard tersebut.biasanya pada setup BIOS yang terbaru sudah ada penambahan fitur terbaru yang dapat memaksimalkan kinerja PC lainnya yang tergohubung pada matherboard . hal tersebut akan meningkatkan kinerja PC .
  3. upgrade matherboar dengan performa yang lebih tinggi yaitu menyediakan badget untuk menggati matherboard yang ada dengan yang lebih baik dan support untuk PC denga perfomance medium atau high. misalnya , matherboard yang lama di ganti dengan matherboar yang super performa PC sekelas intel pentium  core TM2 duo fan memory DDR2 . perubahan matherboar ini akan menunjang perubahan jenis processor .RAM, dan GPU  serta komponen PC lain, yang akan pengaruh kebih untuk kinerja PC.
  • Processor
semakin tinggi clock dan FSB processor, semakin cepat kinerja PC , dengan di tunjang oleh komponen tinggi lainnya . Untuk mempercepat kinerja PC, harus di tunjang dengan perfoma high .

  1. gunakan HSF terbaik yaitu memaksimalkan kinerja processor juga dapat dilakukan dengan memberikan kipas heatsink yang tervaik dan sesuai dengan bentuk processor yang ada . Hal tersebut bertujuan menjaga stabilitas suhu pada processor dapat bekerja dengan baik dan maksimal.
  2. gunakan aplikasi third party yaitu cara terakhir untuk meningkatkan kinerja processor adalah dengan menggunakan aplikasi buatan pihak ketiga yang di sebut dengan istilah third party. aplikasi ini juga berfungsi memantau processor . beragam aplikasi thirt party  yang bisa di peroleh dari  internet secara garatis dan ada pula dengan membayar . aplikasi utilities yang bisa di gunakan antara lain tamer 2.09.01, righmark CPU clock  utility 2.25,CPU cool 8.0.5, CPU FSB  2.2.18., dan CPU eat'n'cool, serta program aplikasi lainnya.
  • hardisk
merupakan media penyimpanan yang menunjang kecepatan kinerja PC dalam mengolaj dan mentransfer data kerja. semakin cepat putaran respons kerja hardisk , semakin cepat kinerja PC . peningkatan kinerja hardisk ini dapat di lakukan dengan berikut.

  1. gunakan tekhnologi SATA yaitu jika matherboard menggunakan konektor SATA , sebaiknya pilih jenis hardisk  dengan interface SATA  yang memiliki kecepatan pengolahan dan transfer data lebih cepat di bandingkan hardisk yang memiliki konektor IDE . penggunaan kebel interface jenis SATA yang kecil dan tipis ini akan melonggarkan ruang dalam casing sehingga sirkulasi udara dalam ruang casing akan lebih baik, yang pada akhirnya akan membantu meningkatkan perfoma keseluruhan PC.
  2. multipartisi hardisk yaitu membagi hardisk menjadi beberapa bagian yang membuat drive berdiri sendiri sesuai dengan keinginan  pengguna komputer. misalnya , hardisk dengan  kapasitas 80 Gb di bagi menjadi 4 drive, yaitu drive C,D,E dan F dengan setiap driver mempunyai kapasitas 20 GB . keuntungan melakukan partisi hardisk antara lain :
  • hardisk dengan multipartisi akan mengurangi waktu akses sehingga sistem operasi akan lebih responsif. jika meletakkan OS atau file lain yang sering di akses di partisi awal , partisi awal tersebut merupakan bagian pertama yang akan di baca oleh head baca tulis. jika hardisk hanya di buat satu partisi  , file akan di letakkans secara sembarangan , yang akan mengakibatkan head harus berjalan-jalan untuk mencari file yang akan di akses tersebut . 
  •  jika terjadi sesuatu dengan OS  , data lain uang berada di luar partisi ini tidak akan terusik atau itkut rusak. cukup format ulang partisi dengan file yang rusak tersebut  dan instal kembali OS yang baru,tampa kehilangan data penting 
  •  mempersingkat waktu defgrag partisi hardisk yang terdapat OS di dalamnya 
  •  memperlambat kinerja virus yang akan menyerang data kerja pengguna PC  karena biasanya  virus menyerang terlebih dahulu drive C yang terisi oleh OS 
  •  kinerja OS akan lebih cepat dalam menampilkan jendela kerja.
pembuatan multi partisi  hardisk ini dapat di lakukan dengan menggunakan program aplikasi yang sudah terinstal dalam windows. seperti acronis pertition expert 2007 atau partition magig versi 8.0 ke atas, dan program aplikasi lain yang menyediakan fasilitas untuk membuat partisi pada hardisk.


  1. siapkan ruang kosong pada hardisk yaitu sisakan ruang kosong pada hardisk minimal 10 persen dari kapasitasnya sehingga hardisk dapat bernafas. dengan demikian, hardisk dapat bekerja dengan lebih baik dan cepat.
  2. gunakan dan pilih jenis hardisk yang sudah memiliki kecepatan putaran minimal 7.200 rpm. hal ini akan lebih meningkatkan performa kinerja hardisk.
  3. sebaiknya gunakan kipas tambahan untuk hardisk karena suhu yang tinggi menyebabkan hardisk tidak bekerja secara optimaldan baik 




0 komentar