LAYANAN WAN

mungkin anda sudah pernah mendengar sebelumnya apa itu layanan wan tapi di sini saya akan memperjelas apa itu layanan pada WAN yaitu untuk menghubungkan titik-titik yang ingin berkomunikasi serta di tujukan untuk bekerja tampa henti dan tanpa di bagi dan di campuri oleh siapapun selain pemiliknya.


gbr. layanan WAN


adapun berbagai macam jaringan wan seperti gambar berikut  :




seperti pada gambar di atas dalam jaringan WAN bisa di simpulkan bahwa jaringan wan tidak hanya di akses dalam 1 daerah saja tapi bisa di akses ke berbagai daerah dengan menggunakan bridge,switch dan paling penting jaringan LAN   seperti gambar di atas jaringan wan ada beberapa golongan yang saling terhubung dan berkaitan satu sama lain dengan menggunakan jaringan WAN .

adapun terdapat koneksi WAN yang lainnya seperti berikut



seperti gambar di atas koneksi WAN menggunakan data terminal equipment. ( DTE). tempat masuknya informasi peralatan yang berada di pelanggan. atau pengguna jaringan WAN .sedangkan demarc adalah titik demarkasi di mana perkabelan dari perusahaan  telpon terhubung ke perkabelan di sisi rumah pelangga.
sedangkan local loop yaitu kabel ekstensi ke kantor central telepon yang biasa di gunakan oleh pelanggan.
secara umum semua yang saya sebutkan di atas dan seperti yang saya jelaskan dan sesuai pengertiaannya maka koneksi wan bisa terhubung kemana saja dengan menggunakan alat jaringan tertentu.
dan central office yaitu fasilitas yang memberikan entry WAN  dengan menggunakan fasilitas switching dan exit points untuk panggilan masuk dan keluar dan untuk meneruskan data central office lainnya. dan DCE  merupakan peralatan data circuit terminating yang berkomunikasi dengan DTE  dan juga WAN  cloud. DCE pada umumnya adalah router disisi penyedia data yang merelay data pesan antara coustumer dan WAN cloud.


@dhinye ciempack gokilgokil jabee

0 komentar